Rabu, 01 Juni 2011

Perkataan Empat Imam Madzhab Tentang Sifat Istiwaa' Bagi Alloh Ta'ala

Telah banyak perdebatan tentang sifat-sifat Alloh Ta’ala antara ahlus sunnah dan ahlu hadits dengan ahlul bid’ah dan ahlul filsafat sejak dahulu sampai sekarang, berikut ini saya nukilkan perkataan empat imam madzhab yaitu Al-Imam Abu Hanifah, Al-Imam Malik bin Anas, Al-Imam Asy-Syafi’i, dan Al-Imam Ahmad bin Hambal, tentang masalah sifat-sifat Alloh Ta’ala, khususnya sifat istiwaa’ bagi Alloh Ta’ala. Dan alhamdulillah semua dari mereka telah bersepakat dan satu aqidah dengan menetapkan sifat istiwaa’ dan ‘uluw bagi Alloh sesuai dengan keagungan-Nya Jalla Jalaaluh. Perkataan merek telah dikumpulkan oleh para ulama diantara mereka adalah Al-Imam Al-Hafidz Syamsuddin Adz-Dzahabi –rohimahulloh- dalam kitab beliau yang sangat berharga yaitu “Al-‘Uluw lil ‘Aliyyil Ghoffaar Fi Idhohi Shohihil Akhbar wa Saqiimiha”.  Tafadhol disimak.


1.     Al-Imam Abu Hanifah
    قال الإمام الذهبي في العلو :
    وبلغنا عن أبي مطيع الحكم بن عبد الله البلخي صاحب الفقه الأكبر قال سألت أبا حنيفة عمن يقول لا أعرف ربي في السماء أوفي الأرض فقال قد كفر لأن الله تعالى يقول الرحمن على العرش استوى وعرشه فوق سمواته. فقلت إنه يقول أقول على العرش استوى ولكن قال لا يدري العرش في السماء أو في الأرض قال إذا أنكر أنه في السماء فقد كفر رواها صاحب الفاروق بإسناد عن أبي بكر بن نصير بن يحيى عن الحكم.  

    Al Imam Adz-Dzahabi dalam kitabnya “Al-‘Uluw” mengatakan :

    Dan telah sampai pada kami dari Abu Muthii’ Al-Hakam bin Abdulloh Al-Balkhi pemilik “Al-Fiqhul Akbar” dia berkata, ‘Saya bertanya pada Abu Hanifah tentang orang yang mengatakan: Saya tidak mengenal Tuhan saya di langit atau di bumi. Maka beliau (Abu Hanifah) berkata, ‘Sungguh dia telah kafir karena Alloh Ta’ala berfirman : “Ar-Rohman beristiwaa’ di atas ‘Arsy”. Dan ‘arsy-Nya berada di atas langit-langit-Nya’. Akupun berkata : Sesungguhnya dia mengatakan saya berkata Dia beristiwaa’ di atas ‘arsy, akan tetapi dia mengatakan dia tidak mengetahui apakah ‘arsy itu di langit atau di bumi. Beliau (Abu Hanifah) berkata, ‘Jika dia mengingkari bahwa Alloh di langit maka sungguh dia telah kafir’. Ini diriwayatkan oleh pemilik “Al-Faruq” dengan isnad dari Abu Bakr bin Nushair bin Yahya dari Al-Hakam.

     وسمعت القاضي الإمام تاج الدين عبد الخالق بن علوان قال سمعت الإمام أبا محمد عبد الله أحمد المقدسي مؤلف المقنع رحم الله ثراه وجعل الجنة مثواه يقول بلغني عن أبي حنيفة رحمه الله أنه قال من أنكر أن الله عزوجل في السماء فقد كفر.
    (ص 135 – 136) 
    Al Imam Adz-Dzahabi dalam kitabnya “Al-‘Uluw” mengatakan :

    Dan saya mendengar Al-Qodhi Al-Imam Tajuddin Abdulloh bin ‘Ulwan berkata, saya mendengar Al-Imam Abu Muhammad Abdulloh bin Ahmad Al-Maqdisi penulis “Al-Muqni’” –semoga Alloh mencurahkan rahmat pada kekayaan beliau dan menjadikan surga sebagai tempat tinggal beliau- mengatakan, telah sampai pada saya dari Abu Hanifah –semoga Alloh mencurahkan rahmat pada beliau- bahwa beliau berkata, ‘Barangsiapa yang mengingkari bahwa Alloh ‘Azza wa Jalla di langit maka sungguh dia telah kafir’. (Halaman 135-136)

    2.      Al-Imam Malik bin Anas
      وقال عبد الله بن أحمد بن حنبل في الرد على الجهمية حدثني أبي حدثنا شريح بن النعمان عن عبد الله بن نافع قال قال مالك بن أنس الله في السماء وعلمه في كل مكان لا يخلو منه شيء. 

      Al Imam Adz-Dzahabi dalam kitabnya “Al-‘Uluw” mengatakan :

      Dan telah berkata Abdulloh bin Ahmad bin Hanbal dalam bantahan terhadap A-Jahmiyah, telah menyampaikan kepadaku ayahku, telah menyampaikan pada kami Syuraih bin An-Nu’man dari Abdulloh bin Nafi’ dia berkata, telah berkata Malik bin Anas : Alloh berada di langit dan ilmu-Nya di setiap tempat yang tidak akan kosong darinya sesuatupun.

       وساق البيهقي بإسناد صحيح عن أبي الربيع الرشديني عن ابن وهب قال كنت عند مالك فدخل رجل فقال يا أبا عبد الله الرحمن على العرش استوى كيف استوى فأطرق مالك وأخذته الرحضاء ثم رفع رأسه فقال الرحمن على العرش استوى كماوصف نفسه ولا يقال كيف وكيف عنه مرفوع وأنت صاحب بدعة أخرجوه.
      (ص 138)

      Al Imam Adz-Dzahabi dalam kitabnya “Al-‘Uluw” mengatakan :

      Al-Baihaqi memaparkan dengan isnad yang shohih dari Abu Robi’ Ar-Rusydini dari Ibnu Wahb dia berkata, ‘Saya di sisi Malik, masuklah seorang laki-laki kemudian berkata, ‘Wahai Abu Abdulloh, Ar-Rohman beristiwaa’ di atas ‘arsy, bagaimana istiwaa’’. Malik diam dan berkeringat kemudian mengangkat kepalanya lalu berkata : ‘Ar-Rohman beristiwaa’ di atas ‘arsy sebagaimana Dia mensifati diri-Nya dan tidak dikatakan bagaimana dan bagaimana itu terangkat dari-Nya, dan kamu adalah pelaku bid’ah. Keluarkan dia!’. (Halaman 138)


      3.     Al-Imam Asy-Syafi’i

        روى شيخ الإسلام أبو الحسن الهكاري والحافظ أبو محمد المقدسي بإسنادهم إلى أبي ثور وأبي شعيب كلاهما عن الإمام محمد بن إدريس الشافعي ناصر الحديث رحمه الله تعالى قال القول في السنة التي أنا عليها ورأيت عليها الذين رأيتهم مثل سفيان ومالك وغيرهما الإقرار بشهادة أن لا إله إلا الله وأن محمدا رسول الله وأن الله على عرشه في سمائه يقرب من خلقه كيف شاء وينزل إلى السماء الدنيا كيف شاء وذكر سائر الإعتقاد.
        (ص165) 

        Al Imam Adz-Dzahabi dalam kitabnya “Al-‘Uluw” mengatakan :

        Telah diriwayatkan oleh Syaikhul Islam Abul Hasan Al-Hakkari dan Al-Hafidz Abu Muhammad Al-Maqdisi dengan isnad mereka sampai pada Abu Tsaur dan Abu Syu’aib, keduanya dari Al-Imam Muhammad bin Idris Asy-Syafi’i Sang Penolong Hadits –semoga Alloh Ta’ala mencurahkan rohmat pada beliau- beliau berkata : ‘Perkataan dalam As-Sunnah yang saya berada di atasnya dan saya melihat berada di atasnya orang-orang yang saya lihat seperti Sufyan, Malik dan selain keduanya adalah menetapkan persaksian  لا إله إلا الله وأن محمدا رسول الله sesungguhnya Alloh berada di atas ‘arsy-Nya di langit-Nya yang akan mendekat pada makhluq-Nya sebagaimana kehendak-Nya, turun ke langit dunia sebagaimana kehendak-Nya, kemudian menyebutkan seluruh keyakinan. (Halaman 165)


        4.     Al-Imam Ahmad bin Hanbal

          المنقول عن هذا الإمام في هذا الباب طيب كثير مبارك فيه فهو حامل لواء السنة والصابر في المحنة والمشهود بأنه من أهل الجنة فقد تواتر عنه تكفير من قال بخلق القرآن العظيم جل منزله وإثبات الرؤية والصفات والعلو والقدر وتقديم الشيخين وأن الإيمان يزيد وينقص إلى غير ذلك من عقود الديانة مما يطول شرحه. 

          Al Imam Adz-Dzahabi dalam kitabnya “Al-‘Uluw” mengatakan :

          Dinukil dari Imam ini dalam bab ini sangat banyak dan penuh barokah di dalamnya, beliau adalah Pemegang Bendera Sunnah dan sabar dalam ujian, telah disaksikan bahwa beliau adalah termasuk penghuni surga, maka sungguh telah mutawatir dari beliau pengkafiran orang yang mengatakan Al-Qur’an Al-‘Adzim adalah makhluq –semoga Alloh mengagungkan tempat tinggalnya- , penetapan ru’yah (Alloh dapat dilihat kelak yaumil qiyamah pent.), sifat-sifat Alloh, ketinggian Alloh, al-qodar, mendahulukan kedua syaikh (yaitu Abu Bakr dan Umar pent.), iman adalah bertambah dan berkurang, sampai hal-hal selain itu dari keyakinan-keyakinan agama yang termasuk panjang penjelasannya.

           فقال يوسف بن موسى القطان شيخ أبي بكر الخلال قيل لأبي عبد الله الله فوق السماء السابعة على عرشه بائن من خلقه وقدرته وعلمه بكل مكان قال نعم هو على عرشه ولا يخلو شيء من علمه
          (ص 176) 

          Al Imam Adz-Dzahabi dalam kitabnya “Al-‘Uluw” mengatakan :

          Telah berkata Yusuf bin Musa Al-Qoththon guru dari Abu Bakr Al-Kholal, telah dikatakan pada Abu Abdillah  (Imam Ahmad), ‘Alloh berada di atas tujuh langit, di atas ‘arsy-Nya, yang Maha tinggi penciptaan dan kekuasaan-Nya, dan ilmu-Nya ada disetiap tempat’. Beliau berkata : ‘Ya, Dia berada di atas ‘arsy-Nya dan tidak ada sesuatupun yang lepas dari ilmu-Nya’.  (Halaman 176)

          Sumber :
          Kitab “Al-‘Uluw lil ‘Aliyyil Ghoffaar” karya : Al-Imam Al-Hafidz Syamsuddin Adz-Dzahabi, Tahqiq : Abu Muhammad Asyrof bin Abdul Maqshud

          0 komentar:

          Posting Komentar

          Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More